Sawit? Enak Gila!



Hati-hati dengan sawit! itu benar, banyak orang Jambi yang sinting gara-gara sawit. oh really? penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa sawit mengandung zat haematoporfirin yang bisa bikin orang jingkrak-jingkrak bila terkena sinar ultraviolet, ini hipotesa profesor Langlinglung, bercandah kah saya? iya tapi setengah. DIlihat dari penerawangan saya selama satu dekade ini, banyak kesintingan yang terjadi seputar sawit antara lain:


Program Sawit sejuta hektar

ketika Gubernur Jambi yang baru terpilih tahun 2000 Zulkifli Nurdin mencanangkan program sawit sejuta hektar. Mendadak sejumlah dosen tersengat, investor mengerutkan jidat, aktivis lingkungan mengumpat, petani karet kiamat. Kata dosen: "penanaman lahan dengan pola monokultur akan membentuk profil tanah yang miskin hara, blablabla..."
Kata pebisnis: "infrastruktur Jambi belum siap untuk agribisnis skala raksasa, selain resiko biaya tinggi, pungli, transportasi, blablabla..."
Kata aktivis lingkungan: " sawit sama saja dengan eukaliptus, tanaman rakus yang kalo udah tertanam maka tanah itu bakalan sial karena gak bisa lagi ditanam yang laen, blablabla..."
Kata Petani Karet: "gue yang punya tanah kok kalian yang ngatur apa yang musti gue tanam? periuk nasi kami selama ini dari nyadap getah, trus kalo diganti sawit, trus gagal, lo mau tanggung jawab ganti rugi? blablabla..." Kesimpulannya saat itu heboh, ribut, keruh, kerana sebuah skenario sinting Paranoia yang entah siapa tim penyusun master-plan operasi itu.

Konversi Lahan Besar-besaran

Lima tahun berjalan, ternyata nilai jual sawit bikin ngiler investor, maka berbondong-bondong kawanan belalang masuk ke Jambi, sambil membawa duit, proposal, peta, dan perantara hingga penerjemah. Yang udah duluan nyicip panen sawit berpesta pora, harga tanah meroket, Kebun karet melanting. Pengusaha CPO, pemilik lahan maupun petani berkipas pake duit. Hobi mereka beralih ke shopping, segala bisa dibeli: rumah, mobil, sampe bini. Kesintingan berubah bentuk, Euphoria (overclock)

Terjun Bebas (Free Fall)

Bedanya terjun yang satu ini tanpa parasut, Kemelut pasar modal di Amerika penghujung tahun 2008 merontokkan performa ekonomi dunia, panik melanda eksportir, termasuk sawit. Harga TBS dan CPO jatuh ke level yang tidak bisa ditanggung orang berakal. "Unbelievable, sawit roboh dengan sekali pukulan. Pesta belum usai, tapi sang DJ terkapar pingsan. Diduga demonstrasi besar-besaran petani sawit dalam beberapa gelombang mengakibatkan Kadisbun ditendang. Cakar mencakar siapa menyalahkan siapa, ujung-ujungnya masuk rumah sakit jiwa, akibat "Show must go on!" dan jatuhlah sawit seperti jatuhnya Adam Air (kejeblogs). Kesintingan naik ke level tertinggi menjadi "Sinting sebenar-benarnya sinting". Mereka kini berstatus pasien gangguan jiwa (bad sector), Masya Allah. Solusi: RSJ Jambi harus menyediakan bangsal tambahan "korban sawit".

0 komentar: